Rabu, 20 Maret 2013

Metode Ilmiah

KASUS PARKIR LIAR DI JAKARTA DAN SOLUSI PENANGANANYA DAN ANALISISNYA


Latar Belakang
       Sebagaiman kita ketahui, Ibukota negara besar seperti london, paris, washington DC bahkan jakarta tidak luput dari masalah kepadatan penduduk dan penuhnya lahan untuk bangunan-bangunan bertingkat yang mengakibatkan kurangnya lahan kosong untuk pengihijauan, lahan bermain, hingga lahan parkir. Hal yang menyebabkan terjadinya kepadatan penduduk di ibukota negara tak lepas dari masalah pemerataan kesetaraan daerah yang membuat orang-orang dari luar ibukota berlomba-lomba datang ke ibukota untuk berniat mensejahterakan dirinya dan keluarga. 
        Hal tersebut tidak di barengi dengan usaha pemerintah yang mencegah agar perantau-perantau untuk datang ke jakarta. Pemerintah pusat yang di pimpin oleh presiden langsung tidak langsung bisa mensejahterakan daerah daerah luar ibukota dan pemerintah daerah tidak bisa mencegah lonjakan penduduk. Imbasnya adalah semakin padatnya pemukiman di jakarta, kriminal dimana mana di karena kan banyaknya pengangguran di ibukota dan lain-lain.
       Dengan semakin padatnya jakarta oleh gedung-gedung perkantoran, dan pemukiman mengakibatkan kurangnya lahan parkir di jakarta yang di peruntukan masyarakat jakarta yang bekerja di jakarta.Hal tersebut mengakibatkan banyaknya parkir-parkir liar di trotoar,bahu jalan, hingga ruang hijau.Hal tersebut pasti akan menimbulkan banyak masalah baru di jakarta yang sudah banyak masalah ini seperti, kemacetan, mengurangi keindahan, dan rusaknya fasilitas umum yang di peruntukan buat masyarakat jakarta itu sendiri.     
       Masalah parkir liar itu juga tak terlepas oleh adanya jukir (juru parkir) liar yang banyak sekali di jakarta yang hanya mementingkan untung semata dan tidak mengindahkan larangan- larangan yang di buat oleh pemprov dki jakarta yang sudah jelas- jelas melarang adanya parkir liar. Setali tiga uang, pemprov dki jakarta juga tidak tegas menindak lanjuti masalah parkir liar ini dengan membiarkan juru parkir liar berkeliaran di jalan jalan vital di jakarta, bahkan ada pejabat pejabat nakal yang mengambil untung dari masalah ini.
     Hari demi hari masalah ini akan terus membesar jika tidak ada tindakan tegas dari semua pihak termasuk masyarakat itu sendiri.


Solusi Dan Analisinya
      
Penyebab maraknya parkir liar :
  1. Hilangnya lahan-lahan kosong yang di peruntukan sebagai tempat parkir.
  2. Kepadatan penduduk yang semakin tidak terkendali.
  3. Lonjakan besar dalam kepemilikan kendaraan bermotor.
  4. Tidak nyaman dan amanya angkutan umum di jakarta.
  5. Kurangnya kesadaran dari masyarakatnya itu sendiri.
  6. TIdak Tegasnya penegak peraturan.

Solusi parkir liar :

  1. Hentikan lonjakan penduduk di jakarta.
  2. Perbesar pajak untuk kendaraan bermotor agar bisa mengurangi lonjakan besar terhadap kendaraan bermotor di jakarta.
  3. Setiap gedung-gedung dijakarta di wajibkan menyediakan lahan bagi bagi karyawanya itu sendiri.
  4. Sediakan angkuatan umum yang nyaman, aman dan murah bagi masyarakat jakarta agar mau beralih ke angkutan umum.
  5. pemda dki sendiri harus tegas dalam menindak lanjuti masalah parkir liar
DAFTAR PUSTAKA :
  1. http://www.tempo.co/read/news/2011/09/21/057357354/Parkir-Liar-di-Taman-Suropati-Ditertibkan


       
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar